Semur Mini

by - Sunday, August 02, 2009

semur2ed

Kangen makan semur… Biasanya dulu pas masih jaman SMP sama SMA Bundo sering banget bikin semur buat lauk sarapan. Beliau senengnya bikin semur tempe ato ayam. Tapi kali ini Tata mo bikin yang bahannya lain dari yang biasa dibikin Bundo – telur puyuh, tahu, sama kentang. Lagi iseng juga… bahannya dibentuk mini-mini ngikutin si telur puyuh. Jadi si tahu diiris dadu kecil trus kentangnya dibentuk bola-bola kecil pake kerokan bundar yang biasanya buat ngeruk semangka buat es buah itu lo… apa ya namanya??? Pokoknya itulah :D. Bahan dibentuk mini, yang ngikut meramaikan sesi jepret-jepret juga yang mini-mini… my little buddies – Tinny, Hippo n Piggy. Sendok garpu mini, food cup mini, kecuali gelas sama piringnya :D. Oopss!! Btw, itu gelas kok kayak gak ada airnya ya??? Hehe photographernya kehausan… jadi dislruput dikit :D

semur3eeeeeeeddddd




Semur Mini


Bahan:

1 blok tahu putih (aku pake ukuran sedang), potong dadu tebal 3cm

2 buah kentang agak besar, bentuk bola-bola dgn kerokan bundar

15 butir telur puyuh rebus, kupas

Air secukupnya

Kecap manis (kalo ini menurut selera :D)

Gula secukupnya


Bumbu Halus:

½ bawang Bombay

5 butir kemiri

7 butir bawang merah

4 butir bawang putih

½ cm jahe

½ cm lengkuas

Garam secukupnya


Cara Membuat:

1. Goreng tahu setengah matang, sisihkan.

2. Tumis bumbu halus sampai harum, lalu tambahkan kecap. Aduk rata.

3. Masukkan kentang dan air. Masak sampai kentang agak matang.

4. Tambahkan telur puyuh, tahu, dan gula.

5. Cicipi apakah rasanya sudah agak manis. Jika kurang manis, boleh tuh ditambah kecap manis :D.

6. Setelah matang, angkat.



semur1ed


You May Also Like

0 comments

Just feel free to drop your comment. It will be visible after approval.