Langga Roko

by - Monday, July 20, 2009

langgaroko1

Ini masih hasil dari edisi masak gosong-gosong dengan Neng Tiwi. Liat resep-resep majalah Nova jadul yang dikasih Bu Kos kok penasaran pengen bikin Langga Roko, masakan khas Makassar. Resep asli pake ikan Baronang, nah lo! Ikan apaan tu? Ganti deh pake ikan mujair aja pikir TataBonita *pikirku juga lebih murah kali ya*. Pas ke pasar sama Neng Tiwi, liat ikan mujairnya kok kecil-kecil ya… akhirnya TataBonita liat ikan yang mirip mujair tapi lebih gede, tanpa pikir panjang… “Pak ikan yang ini satu!”. “Berapa pak?”, tanya TataBonita. “Sembilan ribu mbak”, jawab Si Bapak. “Loh kok mahal pak?”, tanya TataBonita lagi. “Kan ini ikan Gurame mbak”. “Loh bukan mujair ya Pak?”. “Bukan”. Dodol…….. pengen yang murah malah dapat yang mahal hehehe. Tak pe lah… Hm… Masakan luar Jawa bener-bener anti gula, sempat mo iseng tak tambahin gula, ah… tapi ntar rasanya gak rasa luar jawa lagi donk hehehe. Bener-bener mau coba rasa yang bener-bener rasa luar Jawa… pedes….



Langga Roko


Source: Nova (Ni yang kutulis resep asli dari sononya, takut gak pas aku rasanya :D)


langgaroko3


Bahan:

2 ekor ikan Baronag @ 1 kg ( aku pake ikan Gurame)

5 sdm air asam

2 ruas jari kunyit, haluskan
1 sdt garam

3 sdm minyak untuk menumis

Daun pisang untuk alas saat membakar


Bumbu Halus:

5 cabe merah (kalo suka pedes boleh nambah)

10 bawang merah

3 bawang putih

5 butir kemiri

2 iris lengkuas

2 batang serai (kalo ini mah ku pukul aja, tapi ga k sampe halus banget)

1 sdt ketumbar

1 sdm air asam jawa

1 sdt garam


Cara membuat:

1. Bersihkan ikan lalu lumuri dengan air asa m, kunyit, dan garam. Sisihkan.

2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hin gga harum.

3. Masukkan ikan, aduk-aduk sebentar. Angka t.

4. Alasi ikan dengan daun pisang, bakar di atas bara api sampai matang.


langgaroko2

You May Also Like

0 comments

Just feel free to drop your comment. It will be visible after approval.