Cucur Special 88A

by - Sunday, May 31, 2009


Anak kos-kosan biasalah… ratu ngemil. Sore-sore Neng Tiwi ngajak bikin kue cucur. Yang bisa bikin kue cucur di kosan adalah Si Ayu. Sebenernya udah lama kita-kita pengen bikin kue tradisional yang satu ini, tapi jadwal kuliah yang berbeda-beda membuat jadwal praktek bareng-bareng bikin kue cucur tertunda-tunda. Kue Cucur, ada yang bilang Kue Kucur. Mungkin karena bikinnya dikucurin kali ya makanya ada yang nyebut Kue Kucur. Sedangkan bagi yang menyebut Kue Cucur, mungkin menganggap kue ini mlecur-mlecur kayak bibirnya Mpok Atiek, jadi dinamain Kue Cucur, hehehe peace ya Mpok Atiek! Kenapa Kue Cucur yang ini dinamain Cucur Special 88A? Special karena ada topping kejunya. Enaaaakkkk tau…. Gak nyangka hasil iseng nambahin parutan keju cheddar membuat rasa Si Cucur tambah mak nyuz. Kalo 88A? Karena yang bikin para calon ibu-ibu penghuni kos-kosan 88A hehehe, yaitu Ayu, Daku, dan Neng Tiwi. Ada tambahan tamu tetap kos-kosan 88A yang nimbrung ngebantuin. Siapa dia? Neng Ancy…

Kue Cucur ini dulu adalah jajanan pasar favoritku. Si Mbah sering banget beliin aku Kue Cucur kalo beliaunya lagi ke pasar. Kalo Kue Cucur yang dijual di pasar biasanya di warna pink, bahkan ada yang warna ijo sama orange ngejreng hehehe. Tapi kalo cucur 88A gak pake pewarna. Warna coklatnya berasal dari gula merah. Heuheu laris manis… namanya juga di kos, jajanan kayak apapun pasti laris manis apalagi gratisan hehe. Ini adalah kreasi cucur pertama penghuni kos 88A, jadi kalo kliatan kurang gimana gitu harap maklum ya… :)



Kue Cucur Special 88A
Recipe by: Ayu

Bahan:

450 ml air
150 gram gula merah, disisir halus
100 gram gula pasir
300 gram tepung beras
30 gram tepung terigu
Minyak untuk menggoreng
Satu tusukan sate digunakan untuk menusuk bagian tengah cucur saat menggoreng

Topping:
Keju cheddar parut

Cara membuat:
1. Didihkan air, gula merah, dan gula pasir. Setelah mendidih, angkat dan saring.
2. Tuang ke dalam tepung beras dan tepung terigu sambil diuleni selama 15 menit.
3. Aduk-aduk dengan sendok sayur selama 20 menit.
4. Diamkan adonan selama 2 jam (Bete’ deh klamaan nunggunya ya? Hehehe).
5. Panaskan minyak goreng dalam wajan kecil cekung dengan panas sedang, lalu tuang satu sendok sayur adonan (Kalo bisa banyak minyaknya itu yang bisa membuat adonan terendam, emang agak berminyak sih…).
6. Ketika kue cucur sudah mengapung, tusuk bagian tengahnya dengan tusuk sate supaya kering.
7. Balik kue cucur sampai bagian atas bawah sama-sama matang.
8. Angkat lalu tiriskan.
9. Tambahkan parutan keju cheddar sebagai toppingnya. Hemm….


You May Also Like

0 comments

Just feel free to drop your comment. It will be visible after approval.