Hot Squid

by - Wednesday, April 29, 2009


hotsquid1

Cumi lagi cumi lagi! Squid lover sih… Masak cumi pedas ini duet sama Mbak Yuni *soalnya kalo sendirian harga cuminya kemahalan hehehe*. Dapat resepnya pun dari Bu Kos. Jadi kemaren-kemaren tuh Bu Kos lagi beres-beres rumah, nah koleksi majalah Nova berisi resep-resep jaman jadul pada diwarisin ke dakyu, soalnya dia tau dakyu hobby masak hehe, tau aja dia *ya iyalah kan aku sering pinjem dandang aka kukusan!*. Oia, habis masak cumi pedas ini kita udah kelaferan beratz, jadi gak sempat mikir di foto-foto dulu, langsung makan! Eh, ternyata masih ada sisanya dikit, jadi difoto deh sisanya yang tinggal sekuprit itu.


Hot Squid

Bahan:

750 gram cumi sedang, iris cincin
1 sdm air jeruk nipis
3 sdm minyak untuk menumis
1 lembar daun kunyit, simpulkan (aku gak pake, gak ada soalnya)
2 btg serai ambil bagian putih, memarkan
1 buah asam kandis
2 sdm minyak goreng
Daun kemangi secukupnya

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 cm jahe
3 sdm cabe merah giling (aku tak tambahin biar tambah pedes)
½ sdt garam

Cara Membuat:
1. Lumuri cumi dengan jeruk nipis hingga rata, diamkan selama 10 menit, bilas dengan air bersih, lalu tiriskan.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan daun kunyit (kalo ada) dan serai hingga harum.
3. Masak cumi dan asam kandis, aduk rata. Masak hingga cumi matang dan bumbu kental.
4. Tambahkan daun kemangi, aduk rata. Angkat. Sajikan hangat.



hotsquid2

Sumber: Majalah Nova

sgdggd

Hemmm… Indonesians love spicy food so much and so does TataBonita. It’s seemed to me that every Indonesian spicy food can go and work perfectly with my tongue – yeah, nothing can beat Indonesian food, really? :). I am so lucky to be truly blessed with Indonesian-food-tongue, and I don’t want to be exchanged with the other ones – although sometimes foreign cuisines also do a great job with my taste bud :).



Hot Squid

Ingredients:

750 gr medium squids, ring-sliced
1 tbsp lime juice
3 tbsp oil to sauté
1 turmeric leaf, knot
2 lemongrass (white part only)
1 eye tamarind
Indonesian sweet Basil (Kemanggi), as you desire

Spice to paste:
10 onions
5 cloves garlic
3 cm fresh ginger
4 tbsp red chili paste
Salt to taste

Methods:
1. Smear the ring-sliced squids with lime juice well, marinate for about 10 minutes. Then, rinse and drain.
2. Heat oil, sauté the spice paste until fragrant. Add turmeric leaf and white-part-only lemongrass.
3. Bring squid and tamarind into the pan, mix well. Let the squid cooked and the spice paste thicken.
4. Don’t forget to add the sweet basil before you remove it from the heat. Enjoy!

You May Also Like

0 comments

Just feel free to drop your comment. It will be visible after approval.