Gulai Daun Singkong - My Way, Again!

by - Sunday, April 26, 2009


gulaidaunsingkong2

Seneng seneng! Seneng seneng! Yuhu… TataBonita lagi heppi banget nih… Kenapa??? Karena jagoan-jagoan MotoGP-nya, Aa’ Jorge, Bang Oci, n Kang Dani, pada naik Podium nih hihihihi *tired deh!*. Nonton balapan MotoGP yang kemarin tuh membutuhkan sedikit perjuangan bagi TataBonita karena harus nonton balapan di kos tetangga *malu…*, kenapa? Jadi ceritanya di kosan sekarang lagi gak ada TV soalnya kemarin-kemarin TVnya terbakar *What????*, trus yang punya TV di kos pada pulkam. Kok bisa TVnya kebakar? Ya emang tipi udah jadul, remotenya pun dah ilang *udah minta adek deh sebenernya*. TVnya pas anak-anak nonton tiba mengeluarkan percikan api trus akhirnya terbakar deh, gila ngeri banget waktu ngliatnya mengeluarkan kobaran api sampe leleh casingnya. Jadi deh tuh TV akhirnya disiram pake air *hehe gak kebayang deh tuh TV nasibnya berakhir disiram air! Tapi yg nyuruh Bu Kos jadi aman*. Aku tuh jarang nonton TV soalnya dimonopoli sama adek-adek kos yang maniak sinetron, aku nonton TVnya kalo ada pertandingan sepak bola ato MotoGP aja *pokoknya kalo daku lagi nonton ginian TataBonita jangan diganggu deh, Mbak Kos yang satu ini bakal ngambek abiz hehehe, ya iyalah masak TV mau dimonopoli terus, kan dakyu juga bayar listriknya. Kok TataBonita suka bola sama balapan? Hehehe awalnya sih bukan suka sama permainannya, tapi suka banget sama pemain n ridernya yang kece-kece hehe *dasar cewek ketauan deh!*, tapi lama-lama pertandingannya seru kok bikin dag dig dug. Oia, bagi kita-kita di kos yang jatuh cintrong sama MGP punya julukan nih buat rider favorit misalnya Aa’ Jorge, Kang Dani, Bang Oci (Rossi), Bli Dovi (Dovisiozo), Uda Nicky, sama Mas Tongky (Casey Stoner), kenapa Stoner dijuluki Tongky? Karena dia agak tonggos jadinya Tongky deh hehehe.


Wes, stop ngomongin MotoGPnya. Sekarang waktunya ngomongin makanan, Gulai Daun Singkong. Kemaren-kemaren pas mau berangkat ke kampus, nongkrong deh Si Pak Sayur di depan kos, akhirnya nyamperin dulu deh! Eh liat teri nasi basah yang kecil-kecil dan menggoda dakyu untuk membelinya. Gak kepikiran deh waktu beli mo dimasak apa, pokonya beli aja. Sorenya Si Pak Sayur lainnya datang jualan membawa daun singkong yang seger-seger, aih dapat ide deh bikin Gulai Daun Singkong. Kalo di rumah sering banget dimasakin ini sama Bundo, daku juga pernah bikin ndiri sebelumnya, tapi kenapa ya setelah kuah santannya panas trus kita masukin daun singkongnya kuah santannya yang kental jadi bening? Can you give scientific reason for that? Soalnya always gitu deh, gak peduli yang masak Bundo ato daku, gak peduli gulai daun singkong ato masakan lain yang berbahan daun singkong sama santan, pasti jadinya setelah matang kuah santannya jadi bening. Kayaknya daun singkongnya itu nyerap santannya, walopun sebelumnya sudah direbus dulu ato gak sama aja.

Akhirnya
aku gak campurin deh tuh daun singkong sama kuah santannya. Nyontek di restoran Padang, aku rebus daun singkongnya sampe matang, ditiriskan n diilangin airnya lalu disisihin. Kuahnya dimasak sendiri. Ntar makannya tinggal disiram sama kuahnya. Ih…. Ajib!!! Emang pinter orang Padang! Nih resepnya, bahan dan bumbu dikira-kira ndiri ya… lagi males ngira-ngira nih hehehe!

gulaidaunsingkong1


Gulai Daun Singkong

Bahan:
Daun singkong
Santan
Daun salam
Daun kunyit (aku gak pake soalnya gak ada di kos, adanya kalo di rumah hehe)
Teri nasi ato teri medan (teri krucil)

Bumbu Halus:
Bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar, jahe, garam, gula, sama kaldu blok Maggie rasa ayam (biar tambah syedep).

Cara membuat:
1. Ini caraku lo ya biar ngulek bumbunya gak capek n biar kuahnya gak terlalu berminyak: Goreng bumbu halus kecuali ketumbar, garam, gula sama kaldu. Setelah matang, haluskan semuanya.
2. Rebus daun singkong sampai matang. Tiriskan, hilangkan airnya, lalu sisihkan.
3. Goreng sebentar teri nasi.
4. Panaskan santan, masukkan bumbu halus lalu tambahkan teri nasi.
5. Kalo mau menikmati, daun singkong rebusnya tinggal disiram pake kuahnya. Gitu aja!


cowok kece
Titip fotonya cowok-cowok kece ya!
Photos taken from www.danipedrosa.com and www.starstore.com
(sebenernya foto minta temen, tapi katanya dia diambil dari situ)

PS: Bagi sodara-sodara yang punya stok TV berlebih bisa dikirim ke Kos 88A Malang hehehe!

You May Also Like

0 comments

Just feel free to drop your comment. It will be visible after approval.