Sate Telur Puyuh Karamel

by - Sunday, March 01, 2009

Biasanya kalo ke Jogja ke rumah mbah Uti, Bu Dhe ku sering buatin sate telur puyuh ini. Sebenernya aku nggak tau nama aslinya apa, pokoknya sate telur puyuh aja kata Bu Dhe ku. Kan sate telur puyuh macem-macem, berhubung ini bumbunya simple banget dan pake gula kayak kue karamel, maka kunamain "Sate Telur Puyuh Karamel" hehehe. Biasalah orang Jogja, kayak gudeg, makanannya seneng yang manis-manis. Enak deh dimakan sama nasi uduk plus abon ayam hasil ngrampok dari temen kosku si Tiwi, hehehe.


Sate Telur Puyuh Karamel

Bahan:
30 butir telur puyuh, rebus dan kupas
40 gram gula pasir
30 ml air
1 lembar daun salam

Bumbu yang dihaluskan:
1 siung bawang putih
1/2 sdt garam

Cara membuat:
1. Sangrai gula pasir hingga berwarna kuning kecoklatan dan leleh, tuangi air.
2. Masukkan daun salam, bumbu halus, dan telur. Masak hingga bumbu meresap dan telur berwarna kecoklatan. Angkat.
3. Tusuki telur masing-masing 5 butir dengan tusukan sate. Sajikan. (Untuk 6 tusuk sate, kalo kurang nambah ndiri ya..........)


Kalo nasi uduknya semuanya udah bisa ya.... cuma beras, daun pandan, daun salam, serai, santan, dan garam :)

NB: Kalo lagi masak telurnya jangan ditinggal-tinggal ya, ntar ada bagian yang gosong kayak punyaku hehehe.

You May Also Like

0 comments

Just feel free to drop your comment. It will be visible after approval.