Nasi Ayam Jamur

by - Monday, February 23, 2009

Ni sebenernya niat mo bikin Nasi Tim Ayam Jamur. Berhubung gak ada kukusan buat ngetimnya, namanya berobah deh. Pagi-pagi Bu Kos dah berangkat kerja, jadi gak ada kukusan yang bisa dipinjam hehehe *gak modal banget yah?*. Mau di-tim pake rice-cooker juga gak mungkin, soalnya rice-cookernya mini banget. Diakalin deh, nasinya dimasak sendiri di rice-cooker begitu juga tumis ayam jamurnya yang pada akhirnya GAK di-tim bareng hehehe. Gak papa wes, yang penting ntar bisa dimakan bareng walopun gak di-tim bareng. Hmm........ buat sarapan di pagi yang dingin............


Nasi Ayam Jamur

Bahan:
2 cup beras, cuci lalu tiriskan
4 cup air kaldu
1 bawang bombay agak kecil, cincang halus
1 blog kaldu Maggie rasa ayam
Garam dan merica bubuk secukupnya
1sdm margarine untuk menumis

Kuahnya nih!

Tumis Ayam dan Jamur:
1 filet dada ayam, iris dadu kecil
100 gr jamur kancing, iris
1 bawang bombay agak kecil, cincang halus
1 siung bawang putih, cincang halus
1 cm jahe, geprek
100 ml air kaldu ayam
1 sdm margarine untuk menumis
2 sdm saus tiram
1 sdm kecap asin
Garam dan merica bubuk secukupnya
3/4 sdm tepung maisena untuk mengentalkan

Kuah:
400 ml air kaldu ayam
2 siung bawang putih, geprek
1 cm jahe, geprek
1 sdm minyak wijen
Garam dan merica bubuk secukupnya
1 btg daun bawang, iris

Cara membuat:
Nasi
  1. Tumis bawang bombay dengan margarine sampai harum.
  2. Tuangkan tumisan bawang bombay, air kaldu, garam dan merica bubuk ke dalam wadah rice-cooker lalu aduk rata.
  3. Masak nasi dengan rice-cooker.
Tumis Ayam Jamur
  1. Tumis bawang bombay sampai harum. Lalu tambahkan bawang putih dan jahe.
  2. Masukkan daging dan jamur, masak sampai ayam matang.
  3. Tambahkan kecap asin, saus tiram, garam dan merica bubuk.
  4. Tuangkan air kaldu dan masak sampai ayam dan jamur matang.
  5. Larutkan tepung maisena dengan sedikit air lalu tuangkan ke dalam tumisan.
  6. Aduk sampai kuah mengental, angkat.
Kuah
  1. Panaskan air kaldu. Tambahkan bawang putih, dan jahe.
  2. Setelah panas, tambahkan garam, merica, dan minyak wijen.
  3. Taburkan daun bawang setelah matang.

Cara menghidangkan:
Cetak nasi yang telah matang dalam mangkok kecil, lalu letakkan di atas piring. Sirami atasnya dengan tumis ayam jamur. Santap dengan kuahnya hangat-hangat.


NB: Sebenernya bisa tambang nendang rasanya kalo di-tim bareng-bareng, tapi apa daya karena gak punya kukusan hiks2.

You May Also Like

0 comments

Just feel free to drop your comment. It will be visible after approval.