Mini Steamed Bun with Strawberry Jam

by - Friday, February 20, 2009

Hasrat mo coba bikin Bakpao emang udah terpendam lama *kayak apa aja gitu :)*. Akhirnya cari sana sini nemu resep adonan bakpao di www.agsfood.net. Makasih ya mbak Ayin buat resepnya. Niatnya emang pingin bikin Bakpao mini, gak mau yang gede soalnya ini percobaan pertama dan takut gagal :). Resepnya pun hanya pake setengah resep. Untuk isi Bakpao aku putusin mo pake home-made Strawberry jam, soalnya ku bayangin rasanya bakal enak. Lagian bosen sama isi bakpao yang daging ayam ato itu aja-aja. Aku juga bikin dikit yang isinya kacang ijo yang udah dikupas itu lo, tapi teteup enakan yang Strawberry dong! Kalo di fotonya kliatannya Bakpaonya gede-gede dan nggak mini gitu ya? Tapi coba deh bandingin dengan ukuran bunga kamboja sama Strawberrynya, hampir sama khan? Oia, kalo diresep asli tepung yang dipake pake tepung protein rendah, tepung tang mien, n tepung lotus kalo gak salah. Tapi kalo punyaku ini kubantai pake tepung terigu kunci biru, gak teu apakah terigu protein rendah ato tinggi, pokoknya tepung terigu hehehe dan yang penting hasilnya tetep enak.


Mini Steamed Bun with Strawberry Jam

Biang Bakpao:
125 gr tepung terigu
7 gr ragi instant khusus bakpao
50 cc air
25 cc air hangat
1/2 sdt gula pasir
Bahan Adonan Utama Bakpao:
75 gr tepung terigu
35 gr gula halus
1/2 sdt baking powder
1 1/2 sdm air
25 gr mentega putih

Cara membuat:
1. Di dalam gelas, larutkan 25 cc air hangat dengan 1/2 sdt gula pasir. Tambahkan ragi instant, aduk sebentar lalu tutup dan biarkan mengembang.
2. Campur sisa bahan biang bakpao dalam wadah lalu tambahkan larutan ragi instant. Uleni sampai tidak lengket di tangan kurang lebih 10 menit.
3. Tutup wadah dengan kain serbet bersih. Diamkan adonan biang selama 1 jam lebih atau sampai mengembang 2 kali.
4. Campur adonan utama bakpao. Setelah adonan biang mengembang, masukkan bahan adonan utama ke dalam biang bakpao. Uleni sampai kalis.
5. Bagi adonan menjadi 12 bagian.
6. Tipiskan, bentuk menjadi bulat. Letakkan selai strawberry ke tengah-tengah adonan lalu tutup. Letakkan di atas kertas roti biar tidak lengket di kukusan. Kukus bakpao selama +/- 10 menit.

You May Also Like

0 comments

Just feel free to drop your comment. It will be visible after approval.