Tahu Telur Bumbu Kacang ala Tata Bonita

by - Tuesday, December 16, 2008

Waaaa.......... PePeEl akhirnya selesai juga, Alhamdulillah. Setelah lama berpusing—pusing ria jadi bu guru, inilah saatnya untuk sedikit refreshing. Ya sedikit aja, soalnya thesis sudah menunggu di pelupuk mata hiks2. Buat refreshing paling enak ya memasak, cooking can help me to release my stress. Karena udah lama gak pulang dan kangen masakan rumah, akhirnya jd deh masak Tahu Telur Bumbu Kacang. Tapi Bumbu Kacangnya ga pake petis. Bundaq tuh anti petis, gatel katanya, jd kalo masak Tahu Telur gak pernah pake petis. Trus aku jd ngikut deh, kebiasaan makan Tahu Telur bumbunya ga pake petis. Petisnya diganti kecap, tapi rasanya teteup... Mak Nyuuuuuuuuuuussssss. Sori kalo resepnya gak jelas ukuran pasnya, soalnya aku kalo masak gak pake timbangan tapi pake perasaan hehehe.



Tahu Telur Bumbu Kacang

Bahan:
½ blok tahu putih (1 porsi, maklum ukuran anak kos)
2 butir telur
Segenggan kecambah
Segenggam kacang tanah (tuh kan gak jelas ukurannya)
Minyak untuk menggoreng

Bumbu:
3 buah cabe rawit (yang suka pedes boleh nambah)
2 siung bawang putih
Kecap Manis Bango (udah fanatik hehe)
Gula merah secukupnya
Garam secukupnya

Pelengkap:
Kerupuk
Bawang goreng
Irisan seledri dan daun bawang (kalo suka)

Cara membuat:
1. Goreng kacang tanah, cabe rawit, dan bawang putih. Setelah matang, angkat.
2. Haluskan kacang tanah, cabe rawit, dan bawang putih yang telah digoreng. Tambahkan irisan gula merah dan garam secukupnya sampai halus.
3. Setelah halus cairkan dengan air hangat sampai kental dan tambahkan kecap. Sisihkan.
4. Potong tahu putih bentuk dadu 2x2 cm.
5. Kocok telur dalam sebuah mangkok, tambahkan sedikit garam lalu masukkan tahu putih ke dalamnya.
6. Panaskan minyak goreng. Setelah panas masukkan tahu beserta telur. Kalo bisa goreng sampe telurnya keriting-keriting gitu. Setelah matang, angkat.
7. Siram kecambah yang telah dibersihkan dengan air panas, tiriskan.
8. Sajikan tahu telur dengan kecambah, bumbu kacang, irisan seledri/daun bawang, bawang goreng, dan kerupuk.


Bon appétit!

You May Also Like

0 comments

Just feel free to drop your comment. It will be visible after approval.